Bakal Jadikan Gresik Megapolitan untuk Gerbangkertosusilo

PENGHARGAAN : Rektor Unigres, Prof Dr H Sukiyat SH Msi memberikan cinderamata kepada Dr H Emil Elistianto Dardak M.Sc.

PENGHARGAAN : Rektor Unigres, Prof Dr H Sukiyat SH Msi memberikan cinderamata kepada Dr H Emil Elistianto Dardak M.Sc.Dalam kesempatan itu, Emil juga berharap alumnus Unigres bisa turut bergabung dalam membangun Jawa Timur. Ia melihat potensi Jawa Timur yang cukup besar berada di wilayah Gerbangkertasusila.
Menurut dia, pembangunan suatu kota tidak dapat terlepas dari pembangunan wilayah sekitarnyanya. “Prosperous cities make prosperous regions, dan sebaliknya,” kata Emil. Pertumbuhan ekonomi satu kota akan memacu pertumbuhan ekonomi wilayah sekitarnya. Intensitas keterkaitan kota dengan wilayah sekitarnya dipengaruhi oleh adanya kesamaan lingkungan ekosistem dan topografi, infrastruktur, aliran barang dan jasa, aktivitas ekonomi, dan sebagainya.
Dalam pengelolaan kawasan megapolitan, semuanya harus terintegrasi. “Saya tidak mau seperti Jabodetabek, yang mulanya ingin membangun megapolitan. Seluruh pusat perekonomian berpusat di Jakarta, akhirnya wilayah sekitarnya seperti Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi yang belum terintegrasi. Alhamdulillah, sekarang sudah mulai dibuka tol dari Depok ke Bekasi, dan dampaknya wilayah mereka mulai berkembang,” jelas dia. Di Jawa Timur juga demikian. Gerbangkertosusilo bakal menjadi megapolitan dan mendukung perekonomian Jatim, bahkan Indonesia.

Categories: Berita

by: (Divisi Tim Puskom Unigres)